sponsor

sponsor

Slider

Foto2

Foto2

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » » » » Pentingnya Menjaga Payudara Kita



Memiliki payudara yang sempurna adalah impian semua perempuan. Selain membuat percaya diri kitapun dapat menyenangkan pasangan, payudara berguna sebagai penghasil ASI bagi buah hati. Dan meski bayi tidak menyusui pada puting, namun puting membantu penghisapan air susu.
Puting adalah area yang erotis, dalam arti sangat sensitif terhadap sentuhan, dan bisa dirangsang secara seksual. Bila laki-laki atau perempuan sedang terangsang, hal ini bisa dilihat antara lain dari putingnya yang menegak. Tetapi, puting yang tegak tidak selalu berarti kita sedang terangsang. Perubahan suhu juga bisa menstimulasi area ini untuk berdiri, terutama jika udara sedang dingin.

Beberapa perempuan dan laki-laki bahkan bisa orgasme hanya dari stimulasi puting payudara. Meskipun kita tidak pernah mendapatkan orgasme hanya dari stimulasi puting, namun berfokus pada stimulasi puting biasa terjadi saat foreplay. Puting payudara kita tak ada yang sama dan semua berbeda-beda bentuknya. Masing-masing memiliki ukurannya sendiri. Ada yang salah satu putingnya masuk kedalam ada pula yang keluar. Puting seperti ini sebenarnya tidak membahayakan kesehatan, namun hanya akan membuat kita kesulitan dalam menyusui nantinya. Warna puting juga bisa menjadi gelap akibat perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan atau menyusui. Alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan fluktuasi hormon, yang menggelapkan warna puting. Namun ada pula puting yang akan menjadi lebih gelap seiring bertambahnya usia atau bagi kita yang sudah pernah memiliki anak. Namun ada permaslahan lain pada puting yang tidak bisa kita biarkan. Seperti :
  • Puting Yang Lecet, biasanya terjadi karena isapan bayi yang terlalu kencang, gigitan bayi, goresan benda tajam, kuku ibu, atau kuku bayi, dan saat bayi terbiasa mengempeng pada payudara ibu. Oleh karena itu untuk kita yang sedang hamil atau sudah melahirkan dan sementara dalam masa menyusui seharusnya kita memperhatikan kebersihan kuku tangan kita atau lebih baik harus dipotong demi kesehatan payudara kita. Atau jika sudah lecet cobalah menekan sedikit payudara hingga cairan ASI keluar dan oleskan ASI ke seluruh area puting. ASI mengandung zat anti bakteri dan zat penutup luka, sehingga luka lecet dapat sembuh.
  • Puting Yang Kering, wajar kalau kita mandi selalu membersihkan putting kita dengan sabun karena itu pun demi kebersihan dan kesehatan kita tapi sebenarnya bagi kita yang menyusui membersihkan puting dengan sabun itu tidaklah baik untuk bayi kita karena kandungan pH-nya tinggi dan bisa menyebabkan kulit puting kering. Oleh karena itu susui bayi kita sebelum kita mandi. Saat ASI keluar, kelenjar prolaktin pada ASI akan menghasilkan minyak dan dengan bantuan lidah bayi, minyak akan melumasi bagian puting. Selain itu, lakukan pijat dengan menggunakan baby oil secara rutin.
  • Puting Yang Bocor, biasanya disebabkan tusukan benda tajam yang menyebabkan puting berlubang sampai terjadi luka dalam sehingga kita perlu pengobatan yang intensif. Segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih dini.

Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.


«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply